Langsung ke konten utama

ARSITEKTUR SET INSTRUKSI


Set instruksi didefinisikan sebagai suatu aspek dalam arsitektur komputer yang dapat dilihat oleh para pemrogram.
Set instruksi (instruction set) biasa disebut juga sebagai sekumpulan lengkap instruksi yang dapat dimengerti oleh sebuah CPU dengan sebuah kamus berisi daftar perintah apa saja yang dapat dilakukan (didukung) oleh sebuah prosesor, dan biasanya terikat dengan sebuah keluarga arsitektur prosesor tertentu.

1. Jenis Instruksi
– Data processing/pengoahan data : instruksi aritmetika dan logika.
– Data storage/penyimpanan data : instruksi-instruksi memori.
– Data movement/perpindahan data : instruksi I/O.
– Control/control : instruksi pemeriksaan dan percabangan.
Instruksi aritmetika memiliki kemampuan untuk mengolah data numeric. Sedangkan instruksi logika beroperasi pada bit-bit word sebagai bit, bukan sebagai bilangan. Operasi-operasi tersebut dilakukan teutama untuk data di register CPU.
Instruksi-instruksi memori diperlukan untuk memindah data yang terdapat di memori dan register.
Instruksi-instruksi I/O diperlukan untuk memindahkan program dan data kedalam memori dan mengembalikan hasil komputasi kepada pengguna.

2. Teknik Pengalamatan/ Addresing
Untuk menyimpan data ke dalam memori komputer, tentu memori tersebut diberi identitas (yang disebut dengan alamat/ address) agar ketika data tersebut diperlukan kembali, komputer bisa mendapatkannya sesuai dengan data yang pernah diletakkan di sana. Untuk media penyimpanan yang bersifat sequential access storage device (SASD) seperti kaset (magnetic tape), alamat tersebut tidak terlalu dipusingkan karena pasti data disimpan secara berurutan (sequential/ consecutive) mulai dari depan hingga ke akhir bagian dari pita kaset. Begitu juga dengan data yang diorganisasi secara sequential, di alamat manapun data disimpan, data akan tetap diakses secara berurutan pula, mulai dari record pertama hingga ke record terakhir. Lain halnya dengan data yang diorganisasi secara relative yang disimpan di media penyimpanan yang bersifat direct access storage device (DASD), karena data yang akan diraih kembali, dituju langsung ke alamatnya tanpa melalui records lainnya (belum tentu dimulai dari data yang paling awal disimpan), maka alamat memori memegang peranan penting. Untuk itu, di catatan ini akan diterangkan beberapa cara melakukan penempatan data di memori agar kelak dapat diraih kembali dengan tepat, yang diberi judul “Teknik Pengalamatan.” Teknik pengalamatan ini hampir sudah tidak diperlukan lagi oleh pemakai komputer saat ini karena hampir seluruh software yang beredar di pasaran tidak mengharuskan si pemakai menentukan di alamat mana datanya akan disimpan (semua sudah otomatis dilakukan oleh si software). Jadi, yang kita pelajari adalah bagaimana kira-kira si software tersebut melakukan teknik pengalamatannya, sehingga data yang sudah kita berikan dapat disimpan di alamat memori tertentu dan dapat diambil kembali dengan tepat.

Ada 3 teknik dasar untuk pengalamatan, yaitu:
-          Pemetaan langsung (direct mapping) yang terdiri dari dua cara yakni Pengalamatan Mutlak (absolute addressing) dan Pengalamatan relatif (relative addressing)
-          Pencarian Tabel (directory look-up)
-          Kalkulasi (calculating).

3.      Desain Set Intruksi
Desain set instruksi merupakan masalah yang sangat komplek yang melibatkan banyak aspek, diantaranya adalah:
-          Kelengkapan set instruksi
-          Ortogonalitas (sifat independensi instruksi)
-          Kompatibilitas: Source Code Compatibility dan Object Code Compatibility
           Selain ketiga aspek tersebut juga melibatkan hal-hal sebagai berikut:
-          Operasi Repertoire: Berapa banyak dan operasi apa saja yang disediakan dan berapa sulit              operasinya.
-          Data Types: Tipe/jenis data yang dapat olah Instruction Format (panjangnya, banyaknya                alamat, dsb)
-          Register: Banyaknya register yang dapat digunakan
-          Addresing: Mode pengalamatan untuk operand

Sumber:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARSITEKTUR FAMILY KOMPUTER IBM PC

Arsitektur Family Komputer IBM PC 1. Famili IBM PC dan Turunannya IBM PC merupakan sebutan untuk keluarga komputer pribadi buatan IBM. IBM PC diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan "dipensiunkan" pada tanggal 2 April 1987. Komputer personal pertamakali muncul setelah diperkenalkan mikroprosesor, yaitu chip tunggal yang terdiri dari set register , ALU dan unit kontrol computer. IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal yang disebut PC I/O Channel BUS atau PC BUS. PC BUS melengkapi PC dengan 8 jalur data, 20 jalur alamat, sejumlah jalur kontrol dan ruang alamat fisik PC adalah 1 MB.  Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa keluarga, yaitu : ·     IBM 4860 PCjr ·     IBM 5140 Convertible Personal Computer (laptop) ·     IBM 5150 Personal Computer (PC yang asli) ·     IBM 5155 Portable PC (sebenarnya merupakan PC XT yang portabel) ·     IBM 5160 Person...

POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL I

PENGERTIAN POLITIK, NEGARA, KEKUASAAN, PENGAMBILAN KEPUTUSAN, KEBIJAKAN UMUM DAN DISTRIBUSI KEKUASAAN 1.    PENGERTIAN POLITIK Politik adalah sesuatu yang memang penuh trik dan taktik sehingga kebanyakan dari orang yang berpolitik. Pengertian Politik Secara Singkat dan Simple adalah teori, metode atau cara untuk bisa meraih apa yang dituju. dan pendevinisian politik itu sendiri sangat banyak dan berikut ini Pengertian Politik Secara lengkap:       Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik. Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain: 1.   ...

EVOLUSI ARSITEKTUR KOMPUTER

1.  Pengertian Komputer Komputer   adalah alat yang dipakai untuk mengolah   data   menurut   prosedur   yang telah dirumuskan. Kata   computer   pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan   aritmetika , dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan   matematika . Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti   slide rule, jenis   kalkulator mekanik   mulai dari   abakus   dan seterusnya, sampai semua komputer   elektronik   yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “ komputer ” adalah “ yang mengolah   informasi ” atau “ sistem   pengolah   informasi . ” Selama bertahun-tahun sudah ad...